Eat n Drink 322 | Mengenal Tuhan melalui Alkitab
01/12/2016 No Comments Reflection Administrator

Edisi 30 November 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: 2 Ptr. 1:12–21

1:12 Karena itu, aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu tentang semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

1:13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.

1:14 Sebab aku tahu bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

1:15 Tetapi aku akan berusaha, supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu.

1:16 Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai Raja, sebaliknya kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya. 

1:17 Sebab Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

1:18 Kami sendiri mendengar suara itu datang dari surga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.

1:19 Dengan demikian, kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

1:20 Yang terutama harus kamu ketahui ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

 

Mengenal Tuhan melalui Alkitab

Doa baca: “Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” (2 Ptr. 1:21)

Setelah kita beroleh selamat, untuk mendapatkan rawatan rohani, tidak bisa tidak mengenal Alkitab. Tidak seorang pun yang tidak mengenal Alkitab dapat mengenal Tuhan dengan baik. 

Warisan rohani yang Allah berikan kepada kita berupa Roh Kudus yang di dalam kita, dan Alkitab yang di luar kita. Seorang Kristen yang tepat harus seimbang terhadap dua aspek ini. Kalau seseorang hanya mempunyai Roh Kudus yang di dalam saja, tetapi tidak mempunyai Alkitab yang di luar, maka ia mudah salah. Kalau seseorang hanya memiliki Alkitab yang di luar, kekurangan Roh Kudus yang di dalam, ia akan sangat sunyi, sedikit pun tidak ada daya hidup, tidak lincah.

Sama seperti serangkaian kereta api, dalamnya perlu ada kekuatan mendorong, di luar masih perlu ada rel. Kalau ada kerja sama luar dan dalam ini, rangkaian kereta api ini baru bisa bergerak, dan berjalan dengan baik. Kalau di dalam Anda penuh Roh Kudus, dan di luar Anda juga mempunyai pengenalan Alkitab, maka sebagai orang Kristen Anda pasti hidup, mantap, dinamis, dan tepat. Dua Petrus 1:21 mengatakan, “oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama (dari) Allah.” Orang-orang yang menulis Alkitab pada hari itu terdorong oleh inspirasi Allah, di bawah kekuatan Roh Kudus, ditiup dan dipimpin oleh Roh Kudus menyampaikan firman Allah. Lagi pula pembicaraan mereka diucapkan dari dalam Allah. Roh Allah mendorong manusia berbicara, juga manusia berbicara dari dalam Allah. Semoga kita semua dapat semakin mengenal Tuhan. (Makanan Rohani Sehari-hari, pelajaran 1)

Ayat Hafalan: “Karena Kitab Suci berkata, ‘Siapa saja yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.’” (Rm. 10:11)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Yeh. 40—41

(Visited 1 times, 1 visits today)
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *