Eat n Drink 127 | Pertobatan dan Pengampunan Dosa

Edisi 6 Mei 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Luk. 24:36-53

24:36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!”

24:37 Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.

24:38 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?

24:39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

24:40 Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. 

24:41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?”

24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.

24:43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

24:44 Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”

24:45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

24:46 Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

24:47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

24:48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

24:49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

24:50 Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.

24:51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.

24:52 Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.

24:53 Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

 

Pertobatan dan Pengampunan Dosa 

Doa-baca: “dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.” (Luk. 24:47)

 

Sebenarnya kata “berita” tidak ada di dalam bahasa aslinya, yang mereka kabarkan adalah tentang pertobatan dan pengampunan dosa. Di dalam nama Tuhan Yesus mengabarkan pengampunan dosa, juga di dalam nama Tuhan Yesus mengabarkan pertobatan. Hari ini kita bisa bertobat di dalam nama Tuhan Yesus, karena Tuhan Yesus memberikan hati yang bertobat kepada kita. Hal ini seperti Allah telah menciptakan dua mata kepada Anda, kemudian berkata, “Lihatlah!” Jika Anda tidak mempunyai mata lalu menyuruh Anda melihat, maka sangatlah sulit. Puji syukur pada Allah, Allah memberikan mata kepada kita, kemudian barulah menyuruh kita melihat; memberikan kita kaki, baru menyuruh kita berjalan. Demikian pula dengan pertobatan, Allah memberikan hati yang bertobat kepada kita, kemudian menyuruh kita bertobat, ini semua dikerjakan oleh Allah. Ketika kita mengabarkan Injil, kita dapat berkata bahwa bagaimana kita mendapatkan pengampunan dosa melalui Tuhan Yesus, demikian pula halnya kita mendapatkan pertobatan melalui Tuhan Yesus. Jika ada orang berkata, “Saya tidak bisa bertobat, saya merasa dosa itu menarik, saya tidak merasa diri saya adalah seorang yang berdosa.” Maka Anda boleh berkata, “Tidaklah mengapa, saya mengabarkan Injil di dalam nama Tuhan Yesus, Allah akan memberi pertobatan kepada Anda, ini adalah bagian dari keselamatan. Bagaimana Anda di hadapan Tuhan bisa mendapatkan hayat dan dibenarkan, demikian pula bisa mendapatkan pertobatan.” (Injil Allah, berita 11, W. Nee)

 

Ayat Hafalan: dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” (Yoh. 8:32)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: 2 Sam. 13—14

(79)