Eat n Drink 131 | Kerajaan Allah

Edisi 10 Mei 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Yoh. 2:23-3:13

2:23 Dan sementara Ia di Yerusalem selama hari raya Paskah, banyak orang percaya dalam nama-Nya, karena mereka telah melihat tanda-tanda yang diadakan-Nya.

2:24 Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua,

2:25 dan karena tidak perlu seorang pun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia.

3:1 Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.

3:2 Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorang pun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” 

3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?”

3:5 Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.”

3:9 Nikodemus menjawab, katanya: “Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?”

3:10 Jawab Yesus: “Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

3:11 Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami.

3:12 Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?

3:13 Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

 

Kerajaan Allah 

Doa-baca: Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Yoh 3:5)

 

Kelahiran kembali adalah pintu masuk yang unik ke dalam kerajaan Allah. Tidak ada cara yang lain bagi kita untuk masuk ke dalam kerajaan Allah.

Satu kerajaan selalu berhubungan dengan hayat. Kerajaan tumbuhan berhubungan dengan hayat tumbuhan, dan kerajaan binatang berhubungan dengan hayat binatang. Agar berbagian dalam satu kerajaan tertentu. Kita pertama-tama perlu hayat kerajaan itu. Jika kita tidak memiliki hayat manusia, kita tidak dapat masuk ke dalam kerajaan manusia. Hanya manusia yang dapat berbagian di dalam kerajaan manusia karena hanya mereka yang memiliki hayat manusia. Demikian juga, jika kita tidak memiliki hayat ilahi, hayat Allah, kita tidak dapat masuk kerajaan Allah.

 Kerajaan Allah bukan saja pemerintahan Allah tetapi juga alam atau atmosfir ilahi. Agar berbagian di dalam pemerintahan Allah dan ada di dalam alam ilahi, kita perlu hayat ilahi. Hanya mereka yang memiliki hayat ilahi dapat tinggal di dalam alam ilahi. Kita perlu dilahirkan kembali sehingga kita dapat memiliki hayat ilahi, hayat yang melayakkan kita masuk ke dalam alam ilahi dan kerajaan ilahi . Ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus dan menyeru nama-Nya, Roh ilahi masuk ke dalam kita, melahirkan kembali kita, dan menyebabkan kita dilahirkan ke dalam kerajaan Allah. (Kesimpulan perjanjian baru, W. Lee)

 

Ayat Hafalan: Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya.” (Yes.40:8)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: 2 Sam. 23:8—24

(68)