Eat n Drink 141 | Tuhan tidak Memerlukan Hormat Manusia

Edisi 20 Mei 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Yoh. 7:1-36

7:1 Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya.

7:2 Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun.

7:3 Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: “Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan.

7:4 Sebab tidak seorang pun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia.”

7:5 Sebab saudara-saudara-Nya sendiri pun tidak percaya kepada-Nya. 

7:6 Maka jawab Yesus kepada mereka: “Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu.

7:7 Dunia tidak dapat membenci kamu, tetapi ia membenci Aku, sebab Aku bersaksi tentang dia, bahwa pekerjaan-pekerjaannya jahat.

7:8 Pergilah kamu ke pesta itu. Aku belum pergi ke situ, karena waktu-Ku belum genap.”

7:9 Demikianlah kata-Nya kepada mereka, dan Ia pun tinggal di Galilea.

7:10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Ia pun pergi juga ke situ, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.

7:11 Orang-orang Yahudi mencari Dia di pesta itu dan berkata: “Di manakah Ia?”

7:12 Dan banyak terdengar bisikan di antara orang banyak tentang Dia. Ada yang berkata: “Ia orang baik.” Ada pula yang berkata: “Tidak, Ia menyesatkan rakyat.”

7:13 Tetapi tidak seorang pun yang berani berkata terang-terangan tentang Dia karena takut terhadap orang-orang Yahudi.

7:14 Waktu pesta itu sedang berlangsung, Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di situ.

7:15 Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata: “Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan demikian tanpa belajar!”

7:16 Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

7:17 Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

7:18 Barangsiapa berkata-kata dari dirinya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya.

7:19 Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorang pun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?”

7:20 Orang banyak itu menjawab: “Engkau kerasukan setan; siapakah yang berusaha membunuh Engkau?”

7:21 Jawab Yesus kepada mereka: “Hanya satu perbuatan yang Kulakukan dan kamu semua telah heran.

7:22 Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat — sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita — dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!

7:23 Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.

7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil.”

7:25 Beberapa orang Yerusalem berkata: “Bukankah Dia ini yang mereka mau bunuh?

7:26 Dan lihatlah, Ia berbicara dengan leluasa dan mereka tidak mengatakan apa-apa kepada-Nya. Mungkinkah pemimpin kita benar-benar sudah tahu, bahwa Ia adalah Kristus?

7:27 Tetapi tentang orang ini kita tahu dari mana asal-Nya, tetapi bilamana Kristus datang, tidak ada seorang pun yang tahu dari mana asal-Nya.”

7:28 Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: “Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal.

7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku.”

7:30 Mereka berusaha menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang menyentuh Dia, sebab saat-Nya belum tiba.

7:31 Tetapi di antara orang banyak itu ada banyak yang percaya kepada-Nya dan mereka berkata: “Apabila Kristus datang, mungkinkah Ia akan mengadakan lebih banyak mujizat dari pada yang telah diadakan oleh Dia ini?”

7:32 Orang-orang Farisi mendengar orang banyak membisikkan hal-hal itu mengenai Dia, dan karena itu imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menyuruh penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap-Nya.

7:33 Maka kata Yesus: “Tinggal sedikit waktu saja Aku ada bersama kamu dan sesudah itu Aku akan pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku.

7:34 Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada.”

7:35 Orang-orang Yahudi itu berkata seorang kepada yang lain: “Ke manakah Ia akan pergi, sehingga kita tidak dapat bertemu dengan Dia? Adakah maksud-Nya untuk pergi kepada mereka yang tinggal di perantauan, di antara orang Yunani, untuk mengajar orang Yunani?

7:36 Apakah maksud perkataan yang diucapkan-Nya ini: Kamu akan mencari Aku, tetapi kamu tidak akan bertemu dengan Aku, dan: Kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada?”

 

Tuhan tidak Memerlukan Hormat Manusia

Doa-baca: “Maka kata saudara-saudara Yesus kepada-Nya: ‘Berangkatlah dari sini dan pergi ke Yudea, supaya murid-murid-Mu juga melihat perbuatan-perbuatan yang Engkau lakukan. Sebab tidak seorang pun berbuat sesuatu di tempat tersembunyi, jika ia mau diakui di muka umum. Jikalau Engkau berbuat hal-hal yang demikian, tampakkanlah diri-Mu kepada dunia.’ ” (Yoh. 7:3-4)

 

Meskipun demikian banyak orang menyanjung Tuhan, namun Tuhan menolak mereka. Tuhan tidak mau menerima kemuliaan dari manusia. Apa yang diberikan manusia kepada-Nya, tidak Ia terima. Dia tidak mau minum air dunia. Allah, di dalam dirinya, sudah memuaskan hatinya, sebab itu Dia bisa menolak segala sesuatu yang dunia berikan kepada-Nya.

Saat itu saudara-saudara Tuhan Yesus mengira, karena Dia sudah melakukan banyak mujizat, maka nama-Nya akan termashyur. Mereka berkata kepada Tuhan Yesus, Kalau mau termashyur, pergilah ke tempat orang banyak. Di sini murid-murid-Mu tidak melihat Engkau, tidak bisa percaya kepada-Mu; orang-orang Yahudi juga tidak melihat Engkau, mereka tidak bisa percaya kepada-Mu. Yerusalem adalah tempat yang besar, di sana orangnya sangat banyak, pergilah ke sana supaya orang-orang bisa percaya kepada-Mu, dan Engkau juga bisa ternama. “Maka jawab Yesus kepada mereka: ‘Waktu-Ku belum tiba, tetapi bagi kamu selalu ada waktu’” (Yoh. 7:6).  Tetapi Tuhan tetap “tinggal di Galilea.”

Tuhan tidak mau mencari dan menerima hormat dari manusia. Terhadap perlakuan baik manusia, Dia mempunyai satu penolakan tersembunyi yang misteri. Dia selamanya tidak berhubungan langsung dengan situasi sekeliling-Nya. Perhatian Tuhan secara langsung adalah Allah dan kehendak Allah. (Dua Belas Bakul Vol. 8)  

 

Ayat Hafalan: Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” (Kis. 16:31).

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  1 Raj. 13:33—14:31a

(51)