Eat n Drink 142 | Yesus Belum Dimuliakan

Edisi 21 Mei 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Yoh. 7:37-52

7:37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!

7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

7:40 Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.”

7:41 Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! 

7:42 Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal.”

7:43 Maka timbullah pertentangan di antara orang banyak karena Dia.

7:44 Beberapa orang di antara mereka mau menangkap Dia, tetapi tidak ada seorang pun yang berani menyentuh-Nya.

7:45 Maka penjaga-penjaga itu pergi kepada imam-imam kepala dan orang-orang Farisi, yang berkata kepada mereka: “Mengapa kamu tidak membawa-Nya?”

7:46 Jawab penjaga-penjaga itu: “Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang itu!”

7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: “Adakah kamu juga disesatkan?

7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, atau seorang di antara orang-orang Farisi?

7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!”

7:50 Nikodemus, seorang dari mereka, yang dahulu telah datang kepada-Nya, berkata kepada mereka:

7:51 “Apakah hukum Taurat kita menghukum seseorang, sebelum ia didengar dan sebelum orang mengetahui apa yang telah dibuat-Nya?”

7:52 Jawab mereka: “Apakah engkau juga orang Galilea? Selidikilah Kitab Suci dan engkau akan tahu bahwa tidak ada nabi yang datang dari Galilea.

 

Yesus Belum Dimuliakan

Doa baca: “Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.” (Yoh. 7:39)

 

Dalam Yohanes 7:37-38 Tuhan Yesus memanggil, “Jika barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum. Dia yang percaya ke dalamKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci, dari dalam batinnya akan mengalir sungai-sungai air hidup.”Kemudian dalam ayat 39 Yohanes menjelaskan bahwa yang Tuhan bicarakan adalah ini “mengenai Roh itu, yang akan diterima oleh orang-orang yang percaya ke dalam-Nya; karena Roh itu belum ada, sebab Tuhan Yesus belum dimuliakan.”

Dalam Yohanes pasal tujuh, Tuhan Yesus masih di dalam daging; Dia belum di dalam kemuliaan, yaitu belum di dalam kebangkitan. Karena Dia belum dibangkitkan, Roh itu belum ada. Tentunya, Roh Allah ada sejak awal (Kej. 1:1-2), tetapi Roh itu sebagai Roh Yesus (Kis. 16:7), Roh Kudus (Rm. 8:9), dan Roh Yesus Kristus (Flp. 1:19), adalah “belum ada” sampai Tuhan dimuliakan dalam kebangkitan. Ini meliputi perkara proses.  

Ketika seluruh aspek dan elemen Roh itu ditaruh bersama kita mempunyai suatu totalitas, suatu hasil akhir yang dikenal dalam Perjanjian Baru sebagai “Roh itu”. Dia sekarang adalah almuhit, majemuk, pemberi hayat, roh yang berhuni yang adalah Allah Tritunggal yang telah terproses.

Sekarang kita yang percaya ke dalam Kristus nasib kita mengenai menikmati Roh itu digenapi, dan Roh ini akan menjadi sungai-sungai air hidup yang mengalir keluar dari dalam batin kita. Ini berarti bahwa dalam pengalaman kita Roh yang satu itu menjadi banyak sungai-sungai air hayat. Inilah kenikmatan akan Roh itu. (Dua Roh, Lesson Book, Paul Hon)

 

Ayat Hafalan: Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” (Kis. 16:31).

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  1 Raj. 14:31b—16:34

(48)