Eat n Drink 185 | Disisihkan oleh Roh Kudus

Edisi 4 Juli 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Kis.12:25—13:12

12:25 Barnabas dan Saulus kembali dari Yerusalem, setelah mereka menyelesaikan tugas pelayanan mereka. Mereka membawa Yohanes, yang disebut juga Markus.

13:1 Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.

13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

13:3 Lalu mereka berpuasa dan berdoa dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

13:4 Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. 

13:5 Setibanya di Salamis mereka memberitakan firman Allah di dalam rumah-rumah ibadat orang Yahudi. Yohanes menyertai mereka sebagai pembantu mereka.

13:6 Mereka menjelajahi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.

13:7 Ia adalah kawan gubernur pulau itu, Sergius Paulus, seorang yang cerdas. Gubernur itu memanggil Barnabas dan Saulus, karena ia ingin mendengar firman Allah.

13:8 Tetapi Elimas, tukang sihir itu — demikianlah arti namanya — menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya.

13:9 Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia,

13:10 dan berkata, “Hai anak Iblis, engkau penuh dengan berbagai tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?

13:11 Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari.” Seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan kegelapan dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia.

13:12 Melihat apa yang telah terjadi itu, percayalah gubernur itu; ia takjub oleh ajaran Tuhan.

 

Disisihkan oleh Roh Kudus

Doa baca: “Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: ‘Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.’” (Kis. 13:2)

Sewaktu mereka melayani Tuhan dengan cara ini, Tuhan sebagai Roh itu datang dan berbicara kepada mereka, “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Ini menunjukkan bahwa di sini Roh Kudus adalah Tuhan.

Dalam 13:2, Roh Kudus sebagai “Kristus yang pneumatik”, Kepala Tubuh, menyuruh kelima orang itu memisahkan Barnabas dan Saulus bagi pekerjaan yang kepadanya Dia telah memanggil mereka. Ini adalah langkah besar Tuhan untuk memperluas Injil Kerajaan-Nya ke dunia orang kafir. Perluasan ini dimulai dari Antiokhia, pusat orang kafir di Siria, tanpa mengorganisir suatu misi, tanpa pengumpulan dana, tanpa ketetapan manusia, dan tanpa rencana atau metode manusia yang mana pun. Pekerjaan ini hanya dimulai oleh lima anggota Tubuh Kristus yang mencari Tuhan dengan setia. Melalui ibadah dan puasa, mereka memberikan kesempatan kepada Kepala Tubuh, yang adalah Roh itu, untuk memisahkan mereka guna melaksanakan amanat-Nya yang besar, yaitu meluaskan kerajaan-Nya untuk mendirikan gereja-Nya di dunia orang kafir melalui pemberitaan Injil-Nya. Ini mutlak pergerakan oleh Roh itu, di dalam Roh itu, dan dengan Roh itu melalui kerja sama anggota Tubuh Kristus yang setia dan menuntut di bumi dengan Kepala di surga. Karena itu, ini bukanlah suatu pergerakan agamawi yang diatur oleh manusia. Dari Antiokhia pergerakan Tuhan di bumi bagi ekonomi Perjanjian Baru Allah mempunyai permulaan yang sama sekali baru. (PH Kisah Para Rasul, berita 36, W. Lee)

 

Ayat Hafalan:Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” (Rm. 8:2) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  2 Taw. 36

(60)