Eat n Drink 207 | Menjadi Milik Dia

Edisi 6 Agustus 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Roma. 7

7:1 Apakah kamu tidak tahu, Saudara-saudara — sebab aku berbicara kepada mereka yang mengetahui hukum — bahwa hukum berkuasa atas seseorang selama orang itu hidup?

7:2 Sebab seorang istri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.

7:3 Jadi, selama suaminya hidup ia dianggap berzina, kalau ia menjadi istri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia tidaklah berzina, kalau ia menjadi istri laki-laki lain.

7:4 Sebab itu, Saudara-saudaraku, kamu juga telah mati terhadap hukum Taurat melalui tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah.

7:5 Sebab waktu kita masih hidup di dalam daging, hawa nafsu dosa, yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, sehingga kita berbuah bagi maut. 

7:6 Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

7:7 Jika demikian, apa yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru melalui hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan, “Jangan mengingini!”

7:8 Tetapi dengan perintah itu dosa mendapat kesempatan untuk membangkitkan di dalam diriku rupa-rupa keinginan; sebab tanpa hukum Taurat dosa mati.

7:9 Dahulu tanpa hukum Taurat, aku hidup. Akan tetapi, sesudah datang perintah itu, dosa mulai hidup,

7:10 sebaliknya aku mati. Perintah yang seharusnya membawa kepada hidup, ternyata bagiku justru membawa kepada kematian.

7:11 Sebab dengan perintah itu, dosa mendapat kesempatan untuk menipu aku dan dengan perintah itu ia membunuh aku.

7:12 Jadi, hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik.

7:13 Jika demikian, apakah yang baik itu menjadi kematian bagiku? Sekali-kali tidak! Tetapi supaya nyata bahwa ia adalah dosa, maka dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku, supaya dengan perintah itu dosa lebih nyata lagi keadaannya sebagai dosa.

7:14 Sebab kita tahu bahwa hukum Taurat bersifat rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

7:15 Sebab apa yang aku lakukan, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku lakukan, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku lakukan.

7:16 Jadi, jika aku melakukan apa yang tidak aku kehendaki, aku menyetujui bahwa hukum Taurat itu baik.

7:17 Kalau demikian bukan aku lagi yang melakukannya, tetapi dosa yang ada di dalam aku.

7:18 Sebab aku tahu bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai yang bersifat daging, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab menghendaki yang baik memang ada padaku, tetapi melakukan apa yang baik, tidak.

7:19 Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku lakukan, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku lakukan.

7:20 Jadi, jika aku melakukan apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang melakukannya, tetapi dosa yang tinggal di dalam aku.

7:21 Demikianlah aku dapati hukum ini: Jika aku ingin melakukan apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.

7:22 Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah,

7:23 tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.

7:24 Aku, manusia celaka! Siapa yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

7:25 Syukur kepada Allah melalui Yesus Kristus, Tuhan kita! Jadi, aku sendiri melayani hukum Allah hanya dengan akal budiku, sedangkan sebagai manusia yang bersifat daging aku melayani hukum dosa.

 

Menjadi Milik Dia

Doa baca:Sebab itu, Saudara-saudaraku, kamu juga telah mati terhadap hukum Taurat melalui tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah.” (Rm. 7:4)

 

Alkitab tidak saja mengatakan, bahwa di dunia ini setiap orang Kristen adalah seorang janda, Roma 7 juga mengatakan, setiap orang Kristen seperti seorang istri. Seorang janda adalah orang yang tidak mempunyai suami lagi, tidak mempunyai sandaran. Seorang istri adalah orang yang mempunyai suami, mempunyai sandaran. Saudara saudari, tidak tahukah Anda, bahwa hubungan kita dengan Kristus seperti hubungan antara seorang istri dengan suaminya? Semua keperluan kita akan diberi oleh-Nya. Mungkin tabiat Anda tidak baik, Anda sombong, tidak mau mengampuni orang lain, tidak bertenaga untuk bekerja, tidak bisa berdoa, tidak berselera dalam membaca Alkitab. Saudara saudari, ketahuilah, semuanya itu bisa dibereskan melalui Kristus.

Kita bersyukur dan memuji Allah, setiap orang Kristen dapat memakai nama Tuhan, karena kita milik Dia, maka semua milikNya juga menjadi milik kita. Dia adalah Kristus, kita adalah orang-orang milik-Nya. Saudara saudari, semoga hari ini kita nampak, setiap orang Kristen, mempunyai hak “demi nama Tuhan”. Pada waktu kita percaya Tuhan, kita telah bersatu dengan Dia, sehingga nama-Nya adalah nama kita, kita dapat berdoa demi nama-Nya. Jika demikian, masih adakah yang tidak bisa kita peroleh di hadapan Allah? Sebagaimana seorang suami mengasihi, bersimpati, memberi, menunjang isterinya sendiri, demikian pula Kristus memperlakukan kita di dalam kehidupan kita. (12 Bakul, Vol 11, W.Nee)

 

Ayat Hafalan: “Roh itu sendiri bersaksi bersama-sama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah.” (Rm. 8:16) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Mzm. 21—25

(50)