Eat n Drink 212 | Dipenuhi oleh Roh Kudus

Edisi 11 Agustus 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Rm. 10:4-21

10:4 Sebab tujuan akhir hukum Taurat adalah Kristus, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.

10:5 Sebab Musa menulis tentang kebenaran berdasarkan hukum Taurat: “Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya.”

10:6 Tetapi kebenaran berdasarkan iman berkata demikian, “Jangan katakan di dalam hatimu: Siapa yang akan naik ke surga?”, yaitu: Untuk membawa Kristus turun,

10:7 atau: “Siapa yang akan turun ke jurang maut?”, yaitu: Untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati.

10:8 Tetapi apa katanya? Demikian, “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan. 

10:9 Sebab jika engkau mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dengan hatimu bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka engkau akan diselamatkan.

10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku sehingga diselamatkan.

10:11 Karena Kitab Suci berkata, “Siapa saja yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”

10:12 Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Tuhan yang sama adalah Tuhan dari semua orang dan bermurah hati kepada semua orang yang berseru kepada-Nya.

10:13 Sebab, “siapa saja yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.”

10:14 Tetapi bagaimana orang dapat berseru kepada Dia yang belum mereka percayai? Bagaimana orang dapat percaya kepada Dia yang belum pernah mereka dengar? Bagaimana orang mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

10:15 Dan bagaimana orang dapat memberitakan-Nya, jika tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Alangkah menyenangkan kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

10:16 Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata, “Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?”

10:17 Jadi, iman timbul dari apa yang didengar, dan apa yang didengar itu berasal dari pemberitaan tentang Kristus.

10:18 Tetapi aku bertanya: Apakah mereka tidak mendengarnya? Justru mereka telah mendengarnya, “Suara pembawa berita sudah sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.”

10:19 Tetapi aku bertanya: Apakah Israel mengerti? Pertama-tama Musa berkata, “Aku membuat kamu cemburu terhadap orang-orang yang bukan umat dan membangkitkan kemarahanmu terhadap bangsa yang bebal.”

10:20 Lagi pula, dengan berani Yesaya mengatakan, “Aku telah berkenan ditemukan mereka yang tidak mencari Aku, Aku telah menampakkan diri kepada mereka yang tidak menanyakan Aku.”

10:21 Tetapi tentang Israel ia berkata, “Sepanjang hari Aku telah mengulurkan tangan-Ku kepada bangsa yang tidak taat dan yang membantah.

 

Dipenuhi oleh Roh Kudus

Doa-baca: “Tetapi apa katanya? Demikian, ‘Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.’ Itulah firman iman, yang kami beritakan.” (Rm. 10:8)

 

Allah tidak hanya menciptakan mata untuk bisa melihat, telinga untuk bisa mendengar, perasaan untuk bisa menjamah, juga menciptakan roh bagi kita, untuk bisa berkontak dengan Allah, meneliti dan merasakan realitas rohani. Kuncinya sepenuhnya tergantung pada menggunakan organ yang benar. Maka Paulus berkata, “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu. Itulah firman iman, yang kami beritakan” (Rm 10:8).

Firman ini adalah Tuhan itu sendiri; Injil Yohanes mengatakan, pada mulanya adalah firman, firman itu adalah Allah (1:1), dan Allah adalah Roh (4:24), firman ini adalah Roh, yaitu Allah, dekat kepada kita, ada di dalam mulut kita, di dalam hati kita, sama seperti udara, tergantung kepada kita apakah mau menerima atau tidak. Paulus berkata, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan” (Rm 10:9). Asalkan kita berdoa, menyeru, menggunakan roh, kita akan mendapatkan Roh Kudus. 

Sekarang kalian jangan hanya membicarakan beberapa istilah rohani, seperti: Roh esensial, Roh ekonomi; atau pun menganalisis apakah Roh ini di dalam kita adalah yang esensial, dan apakah yang ada di atas diri kita adalah yang ekonomikal dan sebagainya; melainkan kita harus menuntut dipenuhi oleh Roh ini. Ketika di dalam Anda penuh dengan Roh Kudus dan di luar Anda dijenuhi oleh Roh Kudus, Anda pun telah berbaur dengan Roh Kudus. Inilah yang perlu kita perhatikan hari ini. (Bejana yang Tepat, W. Lee) 

 

Ayat Hafalan: “Satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan melalui semua dan di dalam semua.”(Ef. 4:6) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  Mzm. 39—41

(67)