Eat n Drink 213 | Syarat Keselamatan

Edisi 12 Agustus 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Rm. 11:1-10

11:1 Karena itu, aku bertanya: Mungkinkah Allah telah membuang umat-Nya? Sekali-kali tidak! Karena aku sendiri pun orang Israel, dari keturunan Abraham, dari suku Benyamin.

11:2 Allah tidak membuang umat yang telah Ia pilih sejak dulu. Atau tidak tahukah kamu apa yang dikatakan Kitab Suci tentang Elia, waktu ia mengadukan Israel kepada Allah,

11:3 “Tuhan, nabi-nabi-Mu telah mereka bunuh, mezbah-mezbah-Mu telah mereka runtuhkan; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku.”

11:4 Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? “Aku masih menyisakan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal.”

11:5 Demikian juga pada waktu ini terdapat suatu sisa, menurut pilihan berdasarkan anugerah.

11:6 Jika hal itu terjadi berdasarkan anugerah, maka bukan lagi berdasarkan perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka anugerah bukan lagi anugerah.

11:7 Jadi, bagaimana? Israel tidak memperoleh apa yang dikejar-kejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain, hatinya telah dikeraskan,

11:8 seperti ada tertulis: “Allah membuat mereka seperti tertidur, memberikan mata untuk tidak melihat dan telinga untuk tidak mendengar, sampai pada hari ini juga.”

11:9 Lagi pula Daud berkata, “Biarlah meja jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, batu sandungan dan pembalasan bagi mereka.

11:10 Dan biarlah mata mereka menjadi gelap, sehingga mereka tidak melihat, dan buatlah punggung mereka terus-menerus membungkuk.”

 

Syarat Keselamatan  

Doa baca: “Jika hal itu terjadi berdasarkan anugerah, maka bukan lagi berdasarkan perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka anugerah bukan lagi anugerah.” (Rm. 11:6)

Roma 11:6 mengatakan, “Jika hal itu terjadi berdasarkan anugerah, maka bukan lagi berdasarkan perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka anugerah bukan lagi anugerah.” Anugerah berarti Anda tidak perlu berbuat apa pun. Kalau tidak, anugerah karunia bukan lagi anugerah. 

Anugerah dapat menyelamatkan kita dari godaan-godaan dunia, bujukan Iblis, dan hawa nafsu daging. Semuanya adalah pekerjaan Allah. Pondasi pekerjaan Allah adalah kasih karunia Allah, tetapi juga “oleh iman”. Saluran anugerah ini adalah iman.

Saudara saudari, dulu bagaimana cara Anda diselamatkan, demikian juga pada hari ini, Anda yang sangat lemah dan tidak sanggup, dijamin oleh Firman Allah bahwa Anda telah disalibkan, dibangkitkan, dan didudukkan di surga. Jika Anda percaya kepada apa yang telah Allah kerjakan, segala sesuatu akan beres. 

Efesus 2:9 mengatakan, “Itu bukan hasil pekerjaanmu, supaya tidak ada orang yang memegahkan diri.” Kita tidak dapat melakukan kebaikan sedikit pun. Ini semua karena anugerah. Keselamatan bukanlah hasil pekerjaan kita. Ingatlah bahwa Anda telah mati, dan bahwa Anda tidak mampu merampungkan kebenaran dan kekudusan Allah. Anda harus beriman kepada apa yang telah dirampungkan Allah. Anda seharusnya juga mengetahui bahwa “iman” ini bahkan diberikan kepada Anda oleh Allah. (Dua Belas Bakul, vol. 11, bab 10) 

 

Ayat Hafalan: “Satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan melalui semua dan di dalam semua.”(Ef. 4:6)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  Mzm. 42—45

(65)