Eat n Drink 214 | Keselamatan bagi Bangsa Bukan Yahudi

Edisi 13 Agustus 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Rm. 11:11-36

11:11 Karena itu, aku bertanya: Apakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi karena pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, untuk membuat mereka cemburu.

11:12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kegagalan mereka berarti kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka.

11:13 Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku,

11:14 yaitu kalau-kalau aku dapat membangkitkan kecemburuan di dalam hati kaum sebangsaku dan dapat menyelamatkan beberapa orang dari mereka.

11:15 Sebab jika penolakan mereka berarti pendamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain daripada hidup dari antara orang mati? 

11:16 Jikalau bagian pertama kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

11:17 Karena itu, apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan sebagai gantinya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,

11:18 janganlah bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah bahwa bukan engkau yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang engkau.

11:19 Mungkin kamu akan berkata: Ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan.

11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak dalam iman. Janganlah sombong, tetapi takutlah!

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang yang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan engkau.

11:22 Sebab itu, perhatikanlah kemurahan Allah dan juga tindakan-Nya yang keras, yaitu tindakan yang keras atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi kemurahan-Nya atas kamu asalkan engkau tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamu pun akan dipotong juga.

11:23 Tetapi mereka pun akan dicangkokkan, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

11:24 Sebab jika engkau sebagai cabang pohon zaitun liar, telah dipotong, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, sebagai cabang-cabang yang asli, mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

11:25 Saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi keras hatinya sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain masuk.

11:26 Dengan demikian, seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: “Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari Yakub.

11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka.”

11:28 Berkaitan dengan Injil, mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi berkaitan dengan pilihan, mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang.

11:29 Sebab Allah tidak menyesali karunia-karunia dan panggilan-Nya.

11:30 Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh belas kasihan oleh karena ketidaktaatan mereka,

11:31 demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh belas kasihan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh belas kasihan.

11:32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan belas kasihan-Nya atas mereka semua.

11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?

11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?

11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

 

Keselamatan bagi Bangsa Bukan Yahudi 

Doa baca: “Karena itu, aku bertanya: Apakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi karena pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, untuk membuat mereka cemburu.” (Rm. 11:11)

Ekonomi Allah dalam pilihan-Nya, pertama-tama ditujukan kepada orang-orang yang ditinggalkan bagi-Nya berdasarkan kasih karunia, kedua kepada bangsa-bangsa kafir yang beroleh selamat, karena tersandungnya orang Israel. Dalam ayat 11 Paulus mengatakan, “Karena itu, aku bertanya: Apakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi karena pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, untuk membuat mereka cemburu.” Paulus membeberkan pembelaannya dengan sangat hati-hati, dengan mengatakan bahwa Israel telah tersandung, namun tidak jatuh. Dalam bagian bawah ayat 11 dilukiskan bahwa tersandungnya mereka hanya semacam pelanggaran saja. Akibat pelanggaran karena ketidakpercayaan mereka, maka keselamatan beralih kepada bangsa-bangsa kafir. Dalam ayat 12 Paulus mengatakan bahwa tersandungnya Israel menyebabkan dunia kaya, dan kerugian mereka menyebabkan orang kafir kaya.

Dalam 11:13-14 Paulus mengatakan bahwa ia memegahkan pelayanannya di antara orang kafir. Walaupun Paulus memegahkan pelayanannya di antara orang kafir, sebenarnya ia membela orang Israel juga. Jadi, maksud Paulus dalam pasal 11 ini adalah orang Israel telah dikesampingkan oleh Allah, bukan ditolak untuk selama-lamanya. 

Maka demi pelanggaran orang Israel dan demi tersandungnya mereka, keselamatan telah diterima orang kafir. Itulah ekonomi Allah dalam pilihan-Nya yang dapat kita lihat dalam surat kiriman Paulus. (PH Roma, bab 24, W. Lee)

Ayat Hafalan: “Satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan melalui semua dan di dalam semua.”(Ef. 4:6)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  Mzm. 46—49

(57)