Eat n Drink 232 | Tubuh Kristus

Edisi 31 Agustus 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: 1 Kor. 12

12:1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, Saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya.

12:2 Kamu tahu bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu dipikat dan ditarik kepada berhala-berhala yang bisu.

12:3 Karena itu, aku mau meyakinkan kamu bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata, “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

12:4 Ada berbagai karunia, tetapi satu Roh.

12:5 Ada berbagai pelayanan, tetapi satu Tuhan. 

12:6 Ada pula berbagai perbuatan ajaib, tetapi Allah yang sama juga yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

12:7 Kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

12:8 Sebab kepada yang seorang, Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.

12:9 Kepada yang seorang, Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

12:10 Kepada yang seorang, Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang, Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa lidah, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa lidah itu.

12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan semua anggota tubuh itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.

12:15 Andaikata kaki berkata, “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:16 Andaikata telinga berkata, “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?

12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?

12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?

12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

12:21 Jadi, mata tidak dapat berkata kepada tangan, “Aku tidak membutuhkan engkau.” Demikian pula kepala tidak dapat berkata kepada kaki, “Aku tidak membutuhkan engkau.”

12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang tampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.

12:23 Kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus, dan terhadap anggota-anggota kita yang kurang layak diperlihatkan, kita berikan perhatian khusus.

12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang layak diperlihatkan. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,

12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.

12:26 Karena itu, jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.

12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

12:28 Allah telah menetapkan beberapa orang dalam jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mukjizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam berbagai jenis bahasa lidah.

12:29 Apakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Apakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mukjizat,

12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa lidah, atau untuk menafsirkan bahasa lidah?

12:31 Jadi, berusahalah memperoleh karunia-karunia yang lebih penting. Namun, aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

 

Tubuh Kristus

Doa baca: “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.” (1 Kor. 12:27)

 

Kita perlu khusus memperhatikan satu hal: Tubuh Kristus berada di bumi, namun ia bukan milik bumi; Tubuh Kristus adalah yang surgawi, namun ia berada di bumi. Tatkala Saulus menganiaya gereja, di tengah jalan menuju Damsyik, Tuhan Yesus bertanya kepadanya, “Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku?” (Kis. 9:4). Pertanyaan Tuhan ini sangat ajaib. Tuhan tidak berkata, “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya murid-murid-Ku?” melainkan “Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku?” Tuhan tidak berkata, “Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya gereja-Ku?” melainkan “Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku?” Hal ini menampakkan kepada Saulus bahwa gereja bersatu dengan Kristus. Gereja dengan Kristus bersatu padu sedemikian rupa sehingga siapa saja yang menganiaya gereja, berarti menganiaya Kristus. Gereja adalah sesuatu yang berasal dari Tubuh Kristus dan hidup di bumi. Gereja adalah sesuatu yang berasal dari Kepala yang di surga, namun tinggal di bumi, ia pun adalah satu Tubuh yang bersatu dengan Kepala.

Di hadapan Allah, kita harus mengenal dengan jelas bahwa gereja adalah Tubuh Kristus. Karena itu, sesuatu yang lebih kecil daripada Tubuh Kristus, tidak bisa dijadikan dasar pendirian gereja. Kita tidak bisa mendirikan gereja karena menekankan satu doktrin, atau ajaran, atau sistem tertentu, atau karena menekankan sejenis liturgi (tata cara) tertentu, atau berdasarkan nama pendiri pertamanya. Setiap orang yang berada dalam Tubuh Kristus, dan yang menjadi milik Tubuh ini adalah saudara saudari dalam gereja. Satu gereja lokal harus mencakup semua anak Allah di lokal itu. Satuan atau unit gereja adalah Tubuh Kristus. (Tubuh Kristus, W. Nee)

 

Ayat Hafalan: “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.” (Rm. 8:14)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  Mzm. 135—139

(64)