Eat n Drink 238 | Hubungan Antar Gereja

Edisi 6 September 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: 1 Kor. 16

16:1 Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu melakukannya sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada jemaat-jemaat di Galatia.

16:2 Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing — sesuai dengan apa yang kamu peroleh — menyisihkan sesuatu dan menyimpannya, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan pada saat aku datang.

16:3 Sesudah aku tiba, aku akan mengutus orang-orang, yang kamu anggap layak, disertai dengan surat-surat pengantar ke Yerusalem untuk menyampaikan pemberianmu.

16:4 Kalau ternyata penting bahwa aku juga pergi, maka mereka akan pergi bersama-sama dengan aku.

16:5 Aku akan datang kepadamu, sesudah aku melintasi Makedonia, sebab aku akan melintasi Makedonia. 

16:6 Di Korintus mungkin aku akan tinggal beberapa lama dengan kamu atau mungkin aku akan tinggal selama musim dingin, sehingga kamu dapat menolong aku untuk melanjutkan perjalananku.

16:7 Sebab sekarang aku tidak mau melihat kamu hanya sepintas lalu saja. Aku harap dapat tinggal agak lama dengan kamu, jika diperkenankan Tuhan.

16:8 Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai hari raya Pentakosta,

16:9 sebab terbuka kesempatan bagiku untuk mengerjakan pekerjaan yang besar dan penting, sekalipun ada banyak penentang.

16:10 Jika Timotius datang, usahakanlah supaya ia berada di tengah-tengah kamu tanpa merasa takut, sebab ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku.

16:11 Jadi, janganlah ada orang yang menganggapnya rendah! Sebaliknya, tolonglah dia, supaya ia melanjutkan perjalanannya dengan selamat, agar ia datang kembali kepadaku, sebab aku di sini menunggu kedatangannya bersama-sama dengan saudara-saudara seiman yang lain.

16:12 Tentang saudara kita, Apolos, telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk mengunjungi kamu bersama-sama dengan saudara-saudara seiman yang lain, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang.

16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikap beranilah dan tetaplah kuat!

16:14 Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!

16:15 Ada suatu permintaan lagi kepadamu, Saudara-saudara. Kamu tahu bahwa Stefanas dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan bagi orang-orang kudus.

16:16 Karena itu, taatilah orang-orang yang demikian dan setiap orang yang turut bekerja dan berjerih payah.

16:17 Aku bergembira atas kedatangan Stefanas, Fortunatus dan Akhaikus, karena mereka menggantikan kehadiranmu;

16:18 karena mereka menyegarkan rohku dan roh kamu. Hargailah orang-orang yang demikian!

16:19 Salam kepadamu dari jemaat-jemaat di Asia Kecil. Akwila, Priskila dan jemaat di rumah mereka menyampaikan berlimpah-limpah salam dalam Tuhan kepadamu.

16:20 Salam kepadamu dari saudara-saudara seiman semuanya. Sampaikanlah salam seorang kepada yang lain dengan ciuman kudus.

16:21 Dengan tanganku sendiri aku menulis ini: Salam dari Paulus.

16:22 Siapa yang tidak mengasihi Tuhan, terkutuklah ia. Maranata!

16:23 Anugerah Tuhan Yesus menyertai kamu.

16:24 Kasihku menyertai kamu sekalian dalam Kristus Yesus.

 

Hubungan Antar Gereja

Doa baca: “Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu melakukannya sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada jemaat-jemaat di Galatia.” (1 Kor. 16:1)

 

Gereja lokal tidak bergabung secara organisasi. Tapi, ini tidak berarti gereja di satu lokal tidak perlu berhubungan dengan gereja-gereja lokal lain dan tidak saling memperhatikan. Gereja lokal harus bersama gereja-gereja lainnya memelihara kesatuan dalam Tuhan dan menuntut keseragaman langkah. Sebab keesaan kita di dalam Tuhan tidak dapat dipisahkan oleh lokalitas. Namun, sebuah gereja lokal tetap mandiri dalam hal administrasi dan organisasi.  

Meskipun mandiri dalam administrasi, tetapi dalam masalah perilaku, keluarga dan masyarakat, setiap gereja adalah sama. Dalam masalah “bantuan” juga demikian. Tentang pengumpulan uang bagi orang-orang kudus, hendaklah kamu melakukannya sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang kuberikan kepada jemaat-jemaat di Galatia” (I Kor. 16:1). Bila mengetahui gereja lain mengalami kesukaran, wajiblah menunjang dengan sekuat tenaga. Bila sebuah gereja lokal beroleh terang di hadapan Allah, maka gereja lain harus belajar darinya dan meneladaninya. Masalah saling membantu adalah perbuatan yang harus dilakukan bersama. Saling meneladani juga merupakan tindakan yang harus dimiliki bersama.

Di satu aspek, satu gereja lokal dengan gereja lokal lain saling mandiri, tidak saling bergabung. Di aspek lain, satu gereja lokal harus meneladani gereja-gereja lain, harus mengikuti teladan mereka, dan mengambil langkah yang seragam dengan mereka. Namun, harus melakukannya menurut pimpinan Roh Kudus dan menurut teladan Alkitab. (Kehidupan Gereja yang Normal, bab 5, W. Nee)

 

Ayat Hafalan: “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” (Mat. 5:14) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama:  Ams. 8—9

(56)