Eat n Drink 257 | Darah, Penebusan, dan Pengampunan Dosa

Edisi 25 September 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Ef. 1:1-23

1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus atas kehendak Allah. Kepada orang-orang kudus di Efesus, orang-orang percaya dalam Kristus Yesus.

1:2 Anugerah dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam surga.

1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula melalui Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, 

1:6 supaya terpujilah anugerah-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

1:7 Sebab di dalam Dia kita beroleh penebusan oleh darah-Nya, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan anugerah-Nya,

1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di surga maupun yang di bumi.

1:11 Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami diberi warisan — kita yang dari semula sudah dipilih-Nya sesuai dengan maksud Allah, yang mengerjakan segala sesuatu menurut keputusan kehendak-Nya —

1:12 supaya kami, yang sebelumnya telah menaruh harapan pada Kristus, boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.

1:13 Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

1:14 Roh Kudus itulah jaminan warisan kita sampai kita memperoleh penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

1:15 Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus,

1:16 aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Aku selalu mengingat kamu dalam doaku,

1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: Betapa kayanya kemuliaan warisan-Nya kepada orang-orang kudus,

1:19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya yang besar,

1:20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di surga,

1:21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

1:22 Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.

1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan segala sesuatu.

 

Darah, Penebusan, dan Pengampunan Dosa

 

Doa baca:Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,” (Ef. 1:7)

 

Ketika anak domba Paskah tersembelih, darahnya dioleskan pada tiang-tiang pintu rumah orang-orang Israel. Ketika Allah melihat darah itu, Dia tidak akan melaksanakan hukuman-Nya atas mereka yang berada di bawah naungan darah itu (Keluaran 12:7, 13). Yesus, Anak Allah, telah menumpahkan darah-Nya bagi umat manusia. Darah-Nya telah memuaskan segala tuntutan keadilbenaran Allah. Karena Dia telah mati, manusia tidak perlu mati untuk dosa-dosanya. Melalui darah Kristus, Allah tidak lagi menggugat dan surga dalam keadaan damai sejahtera. Sekarang, manusia dapat dengan penuh keberanian datang ke hadapan Allah (Ibrani 10:19). Alkitab mengatakan bahwa darah Kristus berbicara untuk kita (Ibrani 12:24) seperti seorang pengacara yang berbicara untuk sang terdakwa dalam pengadilan. Melalui darah ini, Allah tidak lagi murka (Allah berada dalam keadaan damai sejahtera – Roma 5:9) karena tuntutan keadilbenaran-Nya dipuaskan. Ketika Allah berada dalam keadaan damai sejahtera, hati nurani kita juga berada dalam keadaan damai sejahtera. 

Jika Anda melihat bahwa penebusan Kristus telah memuaskan Allah sepenuhnya, Anda akan berada dalam damai sejahtera bersama Allah. Melalui penebusan Kristus, Allah telah mengampuni dosa-dosa manusia (Efesus 1:7). Ketika Allah mengampuni dosa-dosa manusia, Dia melupakan dosa-dosa manusia (Ibrani 8:12). Pengampunan-Nya adalah melupakan. Allah dapat melakukan apa saja, tetapi Dia tidak dapat mengingat dosa-dosa orang yang telah percaya kepada penebusan Kristus. Mereka yang percaya kepada penebusan Kristus telah dibasuh, dibenarkan, dimurnikan, dan dimerdekakan, sehingga tidak bernoda dan murni di hadapan Allah. (Penebusan dan Penyelamatan Kristus, Yasperin)

 

Ayat Hafalan 1: “Demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat” (Ibr. 7:22)

Ayat Hafalan 2: Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi” (Dan. 2:35b) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Kid. 4:16—8:14

(51)