Eat n Drink 263 | Dikerjakan oleh Kristus Yesus

Edisi 1 Oktober 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Flp. 1:1-18

1:1 Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus. Kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para pengawas jemaat dan diaken.

1:2 Anugerah dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

1:3 Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu.

1:4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita.

1:5 Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini.

1:6 Mengenai hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

1:7 Memang sudah sepatutnya aku berpikir demikian tentang kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam anugerah yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil.

1:8 Sebab Allah adalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian.

1:9 Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,

1:10 sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

1:11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

1:12 Aku menghendaki, Saudara-saudara, supaya kamu tahu bahwa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil,

1:13 sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain bahwa aku dipenjarakan karena Kristus.

1:14 Lagi pula, kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk semakin berani berkata-kata tentang firman Allah tanpa takut.

1:15 Ada orang yang memberitakan Kristus karena dengki dan perselisihan, tetapi ada pula yang memberitakan-Nya dengan maksud baik.

1:16 Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih, sebab mereka tahu bahwa aku ada di sini untuk membela Injil,

1:17 tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara.

1:18 Tetapi tidak mengapa, sebab bagaimanapun juga, Kristus diberitakan, baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur. Dalam hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita.

 

Dikerjakan oleh Kristus Yesus

Doa baca: “Penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” (Flp. 1:11)

 

Dalam ayat 9-10 Paulus berdoa untuk orang-orang Filipi atas tiga hal: agar kasih mereka semakin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian; agar mereka dapat membuktikan dengan menguji apa yang berbeda dan yang lebih unggul; dan agar mereka menjadi suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus. Rahasia ketiga hal ini tercantum dalam ayat 11, di mana Paulus mangatakan, “Penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” Untuk membuat kasih kita semakin melimpah, untuk membuktikan dengan menguji apa yang berbeda, dan untuk menjadi suci dan tak bercacat, pertama-tama kita harus dipenuhi dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus.  Ayat 11 sebetulnya ditujukan kepada pengalaman akan Kristus. Sekali lagi kita nampak bahwa kuncinya adalah mengalami Kristus. Kita tahu bahwa ayat 11 mengacu kepada pengalaman akan Kristus disebabkan adanya frase “dikerjakan oleh Yesus Kristus”. Buah kebenaran itu dikerjakan oleh Yesus Kristus dan kita memperolehnya melalui pengalaman kita atas Kristus.

Semakin kita mengalami Kristus, pengalaman ini akan semakin menghasilkan buah kebenaran. Buah kebenaran merupakan produk hidup dari suatu kehidupan yang wajar dengan satu kedudukan yang benar di hadapan Allah maupun manusia. Hal ini dihasilkan oleh Yesus Kristus untuk kemuliaan dan pujian bagi Allah. Jika kita mengalami Kristus, kasih kita pasti akan semakin melimpah, kita akan membuktikan dengan memuji, dan kita akan menjadi murni tanpa cacat. (PH Filipi, berita 2, W. Lee)

 

Ayat Hafalan: “Tidak tahukah kamu bahwa kamu sekalian adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Kor. 3:16)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Yes. 21—23

(1355)