Eat n Drink 28 (Jalan Untuk Menjadi yang Terbesar)

Pembacaan Ayat Alkitab: Mat. 20:1721:11

20:17 Ketika Yesus akan pergi ke Yerusalem, Ia memanggil kedua belas murid-Nya tersendiri dan berkata kepada mereka di tengah jalan:

20:18 “Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati.

20:19 Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.”

20:20 Maka datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapan-Nya untuk meminta sesuatu kepada-Nya.

20:21 Kata Yesus: “Apa yang kaukehendaki?” Jawabnya: “Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu, yang seorang di sebelah kanan-Mu dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Mu.” 

20:22 Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: “Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?” Kata mereka kepada-Nya: “Kami dapat.”

20:23 Yesus berkata kepada mereka: “Cawan-Ku memang akan kamu minum, tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa Bapa-Ku telah menyediakannya.”

20:24 Mendengar itu marahlah kesepuluh murid yang lain kepada kedua saudara itu.

20:25 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: “Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.

20:26 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,

20:27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;

20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

20:29 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar dari Yerikho, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.

20:30 Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!”

20:31 Tetapi orang banyak itu menegor mereka supaya mereka diam. Namun mereka makin keras berseru, katanya: “Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!”

20:32 Lalu Yesus berhenti dan memanggil mereka. Ia berkata: “Apa yang kamu kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?”

20:33 Jawab mereka: “Tuhan, supaya mata kami dapat melihat.”

20:34 Maka tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan, lalu Ia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia.

21:1 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya

21:2 dengan pesan: “Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

21:3 Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya.”

21:4 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi:

21:5 “Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.”

21:6 Maka pergilah murid-murid itu dan berbuat seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka.

21:7 Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesus pun naik ke atasnya.

21:8 Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan.

21:9 Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!”

21:10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: “Siapakah orang ini?”

21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”

 

Jalan Untuk Menjadi yang Terbesar

Doa baca: “Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu.” (Mat. 20:26-27)

 

Apakah rendah hati itu? Rendah hati berarti tidak meninggalkan kedudukan bagi diri sendiri. Siapa yang meninggalkan kedudukan bagi diri sendiri, selamanya tidak akan bisa rendah hati. Siapa yang berkata, aku mempunyai kekuasaan ini, aku seharusnya mendapatkan ini; ia selamanya tidak bisa rendah hati. Rendah hati adalah tidak menyisakan sedikit pun kedudukan bagi diri sendiri. Orang yang di mulut mengatakan perkataan yang rendah hati, belum tentu juga memiliki motivasi rendah hati. Banyak perkara boleh lewat melalui mulut seseorang, tetapi belum tentu melalui hatinya.

Saya pernah berjumpa dengan seorang beriman tua yang telah puluhan tahun melayani Tuhan. Ada seorang saudara bertanya kepadanya, “Di antara kebajikan orang Kristen, macam kebajikan apakah yang paling sulit?” Jawabnya, “Dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari dirinya sendiri”yang tercantum dalam Filipi 2:3. Memang benar, paling sulit untuk rendah hati! Dosa apakah yang membuat Iblis mendapat julukan Iblis? Sombong! Karena ia ingin setara dengan Yang Mahatinggi, maka ia jatuh. Dosa apakah yang membuat manusia menjadi orang berdosa? Juga sombong. Karena Adam ingin setelah makan buah pohon itu, maka ia bisa seperti Allah membedakan apa yang baik dan yang jahat. Begitu ia memakannya, ia pun jatuh. Sebab itu rendah hati adalah pekerti yang paling sulit dari segala kebajikan. Mungkin di atas bumi belum ada seorang pun yang bisa melakukannya. Kita masih bisa menemukan orang-orang yang mempunyai kekuatan, fasih lidah, talenta, tetapi sulit sekali menemukan orang yang benar-benar rendah hati. (Pikiran dan Perasaan Kristus, W. Nee)

 

Ayat Hafalan: supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.” (Kis. 26:18b)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Kel. 14—15:21

(72)