Eat n Drink 35 | Edisi 4 Februari 2016 (Kedatangan Tuhan yang Rahasia)

Pembacaan Ayat Alkitab: Mat. 24:32-51

24:32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

24:33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

24:34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri.” 

24:37 “Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.

24:38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,

24:39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.

24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;

24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.

24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

24:45 “Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya?

24:46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

24:47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

24:48 Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya:

24:49 Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk,

24:50 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya,

24:51 dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

 

Kedatangan Tuhan yang Rahasia

Doa baca: “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.(Mat. 24:42)

 

Waktu kedatangan Tuhan yang rahasia tidak kita ketahui (3:3; Mat. 24:36, 42; 25:13). Hanya Bapa yang tahu waktu kedatangan Kristus yang rahasia (Mat. 24:36; Mark. 13:32). Dalam Injil Matius maupun Kitab Wahyu, kita nampak aspek rahasia dari kedatangan kembali Kristus. Wahyu 3:3 dan 16:15 memberi tahu kita bahwa Kristus akan datang seperti seorang pencuri, sebab itu kita harus berjaga-jaga. Tidak seorang pencuri pun yang datang secara terbuka atau mengumumkan kedatangannya. Sewaktu Tuhan datang seperti seorang pencuri, Ia akan mencuri barang-barang yang berharga.

Dalam Matius 24:40-41, Tuhan berbicara tentang kedatangan-Nya yang rahasia, kata-Nya, “Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu giling, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.” Tuhan Yesus sungguh bijaksana, Ia memakai dua saudara di ladang dan dua saudari memutar batu giling sebagai ilustrasi. Kelihatannya keduanya sama. Tetapi tiba-tiba salah seorang dari antara mereka diangkat.

Setelah memberikan ilustrasi itu, Tuhan berkata, “Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Karena itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mat. 24:42-44). Sewaktu kita bekerja, tanpa kita sangka, Kristus tiba-tiba datang, dan beberapa orang di antara kita akan terangkat. Karena Ia akan datang bagaikan pencuri, kita harus berjaga-jaga.  (PH Wahyu, berita 5, W. Lee)

 

Ayat Hafalan: “Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Rm. 6:23)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Kel. 34—36:7

(62)