Eat n Drink 52 | Edisi 21 Februari 2016 (Bersaksilah bagi Tuhan!)

Pembacaan Ayat Alkitab: Mrk. 4:35—5:20

4:35 Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: “Marilah kita bertolak ke seberang.”

4:36 Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia.

4:37 Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.

4:38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: “Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?”

4:39 Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. 

4:40 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?”

4:41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: “Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?”

5:1 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa.

5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

5:3 Orang itu diam di sana dan tidak ada seorang pun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai,

5:4 karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorang pun yang cukup kuat untuk menjinakkannya.

5:5 Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu.

5:6 Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya,

5:7 dan dengan keras ia berteriak: “Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!”

5:8 Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: “Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!”

5:9 Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: “Siapa namamu?” Jawabnya: “Namaku Legion, karena kami banyak.”

5:10 Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu.

5:11 Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan,

5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: “Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!”

5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya.

5:14 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi.

5:15 Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion itu. Maka takutlah mereka.

5:16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu.

5:17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka.

5:18 Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia.

5:19 Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: “Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!”

5:20 Orang itu pun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

 

Bersaksilah bagi Tuhan!

Doa baca: “’Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!(Mrk. 5:19b)

 

Dalam Injil Markus 5:1-20. Di sini ada seorang yang dirasuk roh jahat; dalam Alkitab, boleh dikata bahwa dia adalah seorang yang paling parah dirasuk roh jahat. Orang itu dirasuk sekelompok roh jahat, ia tinggal di pekuburan, tiada seorang pun yang berdaya mengikatnya, dengan rantai besi pun tak berdaya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. Tuhan Yesus mengusir roh-roh jahat itu keluar dari dirinya, roh-roh jahat itu lalu masuk ke dalam kawanan babi yang berjumlah 2000 ekor. Babi-babi itu terjun ke dalam danau. Markus 5:19b adalah perkataan Tuhan padanya setelah ia diselamatkan.

Setelah Anda menerima kasih karunia, Tuhan menghendaki Anda memberitahukan kepada orang-orang dalam keluarga Anda, kepada kerabat, teman, tetangga, atau teman sekerja Anda, bahwa Anda telah beroleh selamat. Anda tidak saja harus memberitahukan kepada mereka bahwa Anda telah percaya Yesus, bahkan memberitahukan kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat Tuhan atas Anda dan bagaimana Ia telah mengasihani Anda. Tuhan menghendaki Anda memberitahukan kepada orang segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atas Anda, dan bersaksi tentang perkara yang Anda alami sendiri kepada mereka. Anda melakukan demikian, berarti Anda menyalakan (menghidupkan) orang lain, sehingga keselamatan tidak berhenti pada diri Anda saja, melainkan dapat dilanjutkan terus kepada orang lain.  

Sangat disayangkan, dalam kebanyakan keluarga orang Kristen masih terdapat banyak jiwa yang menuju kebinasaan. Ada ayah, ibu, anak, famili, dan sahabat yang hingga hari ini belum pernah mendengar Injil Kristus melalui mulut kita. Mereka hanya memiliki kebahagiaan dalam kehidupan sekarang, tanpa pengharapan di alam yang kekal. Mengapa kita tidak memberi tahu mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atas kita? Mereka justru berada di sisi kita, kalau mereka saja tidak dapat mendengar Injil, lalu siapa yang dapat mendengar Injil? (Bersaksi, W. Nee)

 

Ayat Hafalan 1:Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mzm. 119:105)

Ayat Hafalan 2:Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.(Mat. 24:35)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Im. 26:14—27:34

(67)