Eat n Drink 61 – Upah Secangkir Air

EDISI 1 Maret 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Mrk. 9:38-50

9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: “Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.”

9:39 Tetapi kata Yesus: “Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorang pun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku.

9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.

9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.”

9:42 “Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 

9:43 Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan;

9:44 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]

9:45 Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka;

9:46 [di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.]

9:47 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka,

9:48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

9:49 Karena setiap orang akan digarami dengan api.

9:50 Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain.

 

Upah Secangkir Air

Doa baca:Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.” (Mrk. 9:41)

Perkataan bijak Hamba-Penyelamat di dalam ayat 40 memalingkan dia dan murid-murid lainnya untuk menjadi orang yang peduli terhadap yang lain. Hal ini menyiratkan bahwa apakah mereka atau kaum beriman yang lain — semua berada di bawah perawatan Tuhan karena semua adalah milik Dia. Tidak peduli hal itu adalah perawatan mereka akan kaum beriman lainnya atau perawatan kaum beriman lainnya terhadap mereka, jika hal itu berada di dalam nama Tuhan, bahkan memberikan secangkir air akan diberi pahala oleh Dia.

Dalam ayat 41 Tuhan membicarakan tentang seseorang yang memberikan murid secangkir air di dalam nama-Nya karena dia adalah milik Kristus. Tuhan mengatakan bahwa seorang yang memberikan kepada salah satu murid secangkir air “tidak akan kehilangan upahnya”. Pahala ini akan diberikan pada zaman kerajaan yang akan datang (Luk. 14:14). Pahala yang disebutkan di sini adalah sesuatu yang ditambahkan pada keselamatan yang kekal. Keselamatan yang kekal adalah oleh iman, tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita (Ef. 2:8-9), di mana pahala adalah bagi pekerjaan kita setelah kita diselamatkan (1 Kor. 3:8, 14). Mungkin kita gagal menerima pahala, tetapi malahan menderita kerugian, bahkan meskipun kita diselamatkan, karena kita kekurangan di dalam hal pekerjaan yang Tuhan akui (1 Kor. 3:15). Pada kedatangan kembali Tuhan pahala akan diberikan kepada kita menurut pekerjaan kita (Mat. 16:27; Why. 22:12; 1 Kor. 4:5). Hal itu akan ditentukan oleh kursi penghakiman Kristus (2 Kor. 5:10) dan menikmati di dalam kerajaan yang akan datang (Mat. 25:21, 23). Diberi pahala dalam zaman yang akan datang (Luk. 18:29-30) dengan kenikmatan hayat ilahi di dalam manifestasi kerajaan berarti mewarisi hayat kekal (Mat. 19:29). (PH Markus, berita 28, W.Lee)  

 

Ayat Hafalan:Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.” (Rm. 8:10)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Bil. 16

(84)