Eat n Drink 65 | Milik Allah, berikan kepada Allah

Edisi 5 Maret 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Mrk. 11:27—12:17

11:27 Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua,

11:28 dan bertanya kepada-Nya: “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?”

11:29 Jawab Yesus kepada mereka: “Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.

11:30 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!”

11:31 Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: “Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? 

11:32 Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!” Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi.

11:33 Lalu mereka menjawab Yesus: “Kami tidak tahu.” Maka kata Yesus kepada mereka: “Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.

12:1 Lalu Yesus mulai berbicara kepada mereka dalam perumpamaan: “Adalah seorang membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain.

12:2 Dan ketika sudah tiba musimnya, ia menyuruh seorang hamba kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima sebagian dari hasil kebun itu dari mereka.

12:3 Tetapi mereka menangkap hamba itu dan memukulnya, lalu menyuruhnya pergi dengan tangan hampa.

12:4 Kemudian ia menyuruh pula seorang hamba lain kepada mereka. Orang ini mereka pukul sampai luka kepalanya dan sangat mereka permalukan.

12:5 Lalu ia menyuruh seorang hamba lain lagi, dan orang ini mereka bunuh. Dan banyak lagi yang lain, ada yang mereka pukul dan ada yang mereka bunuh.

12:6 Sekarang tinggal hanya satu orang anaknya yang kekasih. Akhirnya ia menyuruh dia kepada mereka, katanya: Anakku akan mereka segani.

12:7 Tetapi penggarap-penggarap itu berkata seorang kepada yang lain: Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia, maka warisan ini menjadi milik kita.

12:8 Mereka menangkapnya dan membunuhnya, lalu melemparkannya ke luar kebun anggur itu.

12:9 Sekarang apa yang akan dilakukan oleh tuan kebun anggur itu? Ia akan datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu, lalu mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain.

12:10 Tidak pernahkah kamu membaca nas ini: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru:

12:11 hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.”

12:12 Lalu mereka berusaha untuk menangkap Yesus, karena mereka tahu, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya dengan perumpamaan itu. Tetapi mereka takut kepada orang banyak, jadi mereka pergi dan membiarkan Dia.

12:13 Kemudian disuruh beberapa orang Farisi dan Herodian kepada Yesus untuk menjerat Dia dengan suatu pertanyaan.

12:14 Orang-orang itu datang dan berkata kepada-Nya: “Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah dengan segala kejujuran. Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?”

12:15 Tetapi Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah ke mari suatu dinar supaya Kulihat!”

12:16 Lalu mereka bawa. Maka Ia bertanya kepada mereka: “Gambar dan tulisan siapakah ini?” Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.”

12:17 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

 

Milik Allah, Berikan kepada Allah

Doa baca:Lalu kata Yesus kepada mereka: ‘Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!’ Mereka sangat heran mendengar Dia.”(Mat. 12:17)

 

Membayar pajak kepada Kaisar ditentang oleh orang-orang Yahudi. Jika Tuhan Yesus mengatakan boleh melakukan hal ini, Dia akan melukai orang-orang Farisi. Tetapi jika Dia mengatakan tidak boleh, maka Dia akan memberikan dasar kepada orang-orang Herodian yang berpihak kepada pemerintahan Roma untuk menuduh-Nya. Dengan mengajukan pertanyaan yang demikian kepada Tuhan, mereka menyingkapkan diri mereka sendiri sebagai orang-orang yang hina, tidak jujur, dan licik.

Memberi kepada Kaisar sesuai dengan apa yang menjadi milik Kaisar berarti membayar pajak kepadaKaisar menurut peraturan pemerintahannya. Membayar kepada Allah sesuai dengan apa yang menjadi kepunyaan Allah ialah membayar setengah syikal kepada Allah menurut Keluaran 30:11-16 dan mempersembahkan sepersepuluh dari semuanya kepada Allah menurut hukum Taurat Allah. Orang Yahudi pada waktu itu berada di bawah dua kekuasaan; kekuasaan politik Roma dan kekuasaan rohani Allah. Di Yerusalem tidak saja terdapat pemerintahan Roma, tetapi juga Bait Allah. Sebab itu umat Yahudi wajib membayar pajak kepada kedua sistem ini. Sebab itu Tuhan memberi tahu mereka untuk membayar kepadaKaisar dengan kepunyaan Kaisar dan kepada Allah dengan kepunyaan Allah.

Ketika Allah membeli kita, Ia memiliki hak kepemilikan, yaitu Ia memiliki dasar untuk meminta kita menyerahkan diri kepada-Nya menjadi milik-Nya (1 Kor. 6:20). Di sini Ia berkata: Berikanlah…kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!”. Diri kita, rumah kita, tanah kita, istri dan anak-anak kita, sesungguhnya adalah milik Tuhan, dan sudah seharusnya kita persembahkan kepada Allah (bd. Rm. 12:1). (PH Matius, berita 59, W. Lee)

 

Ayat Hafalan:Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.(Rm. 8:6)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Bil. 23—25

(70)