Eat n Drink 74 | Manampakkan Diri kepada Maria

Edisi 14 Maret 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Mrk. 16

16:1 Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.

16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.

16:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?”

16:4 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.

16:5 Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut, 

16:6 tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.

16:7 Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.”

16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.

16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

16:10 Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.

16:11 Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.

16:12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.

16:13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya.

16:14 Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.

16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

16:19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.

16:20 Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

 

Manampakkan Diri kepada Maria

Doa baca:Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.” (Mrk. 16:9) 

 

Setelah Tuhan Yesus bangkit dari kematian, Ia pernah menampakkan diri-Nya kepada beberapa orang. Tetapi kepada siapakah Ia menampakkan diri-Nya kali pertama? Kepada Maria Magdalena. Tuhan ingin sekali menampakkan diri-Nya kepada Petrus, karena Petrus sedang dalam kelemahan; tetapi Tuhan lebih mengutamakan menampakkan diri kepada Maria Magdalena. Tuhan ingin sekali menampakkan diri-Nya kepada kedua murid yang sedang berjalan ke Emaus, karena mereka telah salah jalan; tetapi Tuhan lebih mengutamakan Maria Magdalena. Tuhan ingin sekali menampakkan diri-Nya kepada Yohanes, karena Yohanes adalah murid yang dikasihi-Nya; tetapi Tuhan lebih mengutamakan Maria Magdalena. Tuhan ingin sekali menampakkan diri-Nya kepada Tomas, karena Tomas tidak percaya akan kebangkitan-Nya; tetapi Tuhan lebih mengutamakan Maria Magdalena. Mengapa Tuhan tidak mendahulukan Petrus, Yohanes, Tomas, dan murid-murid yang lain, tetapi mengutamakan Maria Magdalena?

Maria Magdalena adalah orang terakhir yang meninggalkan Tuhan ketika Tuhan disalib; Maria Magdalena adalah orang yang paling pagi pergi ke kubur Tuhan. Sebenarnya yang diselamatkan tidak hanya Maria Magdalena seorang; orang yang darinya setan telah diusir keluar oleh Tuhan juga tidak hanya Maria Magdalena seorang; tetapi yang pagi-pagi buta pergi mencari Tuhan adalah Maria Magdalena. Memang, banyak perkara yang tidak ia pahami sehingga mungkin banyak orang mengira pikirannya kurang baik. Tetapi ia memiliki sesuatu yang paling baik yang mungkin tidak kita miliki, bahwa ia sangat merindu-dambakan Tuhan. Ini seharusnya juga menjadi dambaan dan tuntutan setiap dari kita sebagai orang Kristen.  (12 Bakul, vol. 2, bab 8, W. Nee)

 

Ayat Hafalan:Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini” (Ef. 3:8a)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Ul. 2:24—4:43

(60)