Eatn Drink 270 | Pengalaman atas Kristus dalam Kitab Kolose

Edisi 8 Oktober 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Kol. 2

2:1 Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi,

2:2 supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus,

2:3 sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.

2:4 Hal ini kukatakan, supaya jangan ada yang memperdayakan kamu dengan kata-kata yang indah.

2:5 Sebab meskipun aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh aku bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus. 

2:6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.

2:7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman sebagaimana telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keilahian,

2:10 dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.

2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan tubuh yang berdosa,

2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga melalui kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh karena pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,

2:14 dengan menghapuskan surat utang yang dengan ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

2:15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

2:16 Karena itu, jangan biarkan orang menghakimi kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedangkan wujudnya ialah Kristus.

2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta mengagung-agungkan penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,

2:19 sedangkan ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh yang ditopang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, bertumbuh menurut pertumbuhan yang berasal dari Allah.

2:20 Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapa kamu menaklukkan dirimu pada berbagai peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia:

2:21 jangan pegang ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini;

2:22 semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia.

2:23 Walaupun tampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, peraturan-peraturan ini tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.

 

Pengalaman atas Kristus dalam Kitab Kolose

Doa baca: “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.” (Kol. 2:6)

 

Surat Kolose tidak hanya membicarakan apa adanya Kristus, juga mengatakan pengalaman atas Kristus. Kolose 2:6 mengatakan,“Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.” Hanya Kristus yang begitu penting bagi kita. Dia adalah segala sesuatu kita, Dia adalah hayat kita, pengharapan kita, kita sudah berakar di dalam Dia, sekarang sedang dibangun. Sebab itu kita harus hidup oleh Dia, berperilaku di dalam Dia, kita tidak seharusnya ditipu, diganggu, dan dibelokkan oleh perkara apa pun.

Hal-hal yang ada di dunia ini bisa menipu, mengganggu, atau menyimpangkan kita dari Kristus. Kita harus menaruh perhatian khusus kepada Kristus saja. Kita juga perlu memahami bahwa Kristus adalah Roh pemberi hayat yang tinggal di dalam roh kita. Kalau Kristus bukan Roh itu, Dia tidak bisa menjadi hayat kita; kalau Dia bukan di dalam roh kita, kita tidak bisa mengalami Dia, menikmati Dia, dan menerima Dia menjadi hayat kita.

Oleh sebab itu, kita perlu membiarkan damai sejahtera Kristus tinggal di dalam kita, memerintah atau menjadi juri, juga membiarkan firman Tuhan tinggal dengan limpahnya di dalam kita (3:15-16). Perkataan-Nya adalah roh dan hayat (Yoh. 6:63). Karena Kristus begitu limpah terhadap kita. Sekarang kita harus memuji Dia. Kalau kita telah menerima Dia, telah berakar, dan sedang dibangun di dalam Dia, kita harus berperilaku di dalam Dia. Hari ini Dia adalah hayat kita, kelak Dia adalah pengharapan kita. Kita perlu mengenal Kristus. (Pengalaman atas Kristus dalam Surat-Surat Galatia, Efesus, Filipi, dan Kolose, bab 1, W. Lee)

 

Ayat Hafalan: Tetapi Yerusalem surgawi adalah perempuan yang merdeka dan dialah ibu kita.” (Gal. 4:26)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Yes. 41—42

(56)