Walikota Dialog Bersama Perangkat Pemerintahan

Pemerintah Kota Tomohon menggelar Dialog bersama Perangkat Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kelurahan yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota. Dalam laporannya Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Tomohon J S T Pandeirot SPd MM  mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman perangkat pemerintah kecamatan dan kelurahan dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sebagai upaya peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa dialog ini hendak mengingatkan kita sebagai penyelenggara daerah, bahwa dalam UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengamanatkan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah demi tercapainya tujuan penyelenggaraan otonomi yaitu menjadi daerah otonomi yang maju dan mandiri. Peran pemerintah kecamatan dan kelurahan sangat penting, bahkan memiliki kedudukan strategis antara lain, sebagai organisasi pemerintahan yang menjalankan fungsi lini kewilayahan, sebagai mata rantai terdepan dalam pelayanan publik dan sebagai tumpuan partisipasi bahkan swadaya masyarakat dalam mencapai pembangunan dan tujuan dari penyelenggaraan otonomi tersebut.

Disela-sela sambutannya Walikota juga mengingatkan ada beberapa hal pokok yang perlu ditingkatkan untuk dilaksanakan yaitu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat maka penyelenggaraan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) harus dipertahankan dan ditingkatkan dan wajib dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang dan di ukur /survey kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kecamatan, kelengkapan data-data kecamatan harus terus di update agar lebih akurat, ada tidaknya S.O.P (Standar Operasional Prosedural).

Sesuai LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) data S.O.P kecamatan se-Kota Tomohon baru 2 (dua) kecamatan yang memiliki S.O.P yaitu kecamatan Tomohon Utara (9 S.O.P) dan Kecamatan Tomohon Selatan (6 SOP). SOP ini telah di delegasikan kepada camat melalui Peraturan Walikota, jadi bagi kecamatan yang belum agar segera membuat S.O.P. dan pemerintah kecamatan harus terus memberikan pembinaan terhadap pemerintah kelurahan khususnya dalam pelaksanaan administrasi kelurahan yang sesuai dengan ketentuan.

“Sebagai pemimpin di masing-masing lini kewilayahan, diharapkan memiliki 9 (Sembilan) Point Karakter seorang pemimpin di pemerintahan yaitu memiliki daya inovasi yang tinggi, loyal terhadap atasan, konsisten antara ucapan dengan perbuatan, bertanggung jawab, melindungi bahkan mengembangkan bawahan, taat undang-undang, nasionalis, berani mengeksekusi atau mengambil keputusan dan menanggung resiko dan “ESPRIT DE CORPS” (semangat solidaritas sebagai Aparatur Sipil Negara) agar dapat meningkatkan profesionalitas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam menunjukan pelayanan prima dengan semangat kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas” ujar Eman.

Di akhir sambutan, Walikota berharap melalui dialog ini akan dapat memberikan nuansa baru bagi perkembangan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel.

Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI Mohammad Andhy Kusuma S Sos, Kapolres Tomohon diwakili oleh Wakapolres Kompol Alkat Karouw S Sos, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Dra Truusje Kaunang dan para Camat, Lurah, Perangkat Kelurahan Se-Kota Tomohon.

(26)