Eat n Drink 12 (Berdoa bagi Pekerja dan Tuaian)

Pembacaan Ayat Alkitab: Mat. 9:35 – 10:15

9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.

9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

10:1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 

10:2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,

10:3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,

10:4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,

10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

10:9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.

10:10 Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.

10:11 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.

10:12 Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.

10:13 Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.

10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

10:15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”

 

Berdoa bagi Pekerja dan Tuaian 

Doa baca: “Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: ‘Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.’” (Mat. 9:37-38)

 

Kita semua perlu nampak visi Tuhan Yesus sebagai Tuan yang punya tuaian. Dalam ayat 38 Tuhan memberi tahu kita agar meminta kepada Tuhan yang punya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pertama-tama, dalam ekonomi-Nya, Allah mempunyai suatu rencana untuk dirampungkan, kemudian umat-Nya perlu meminta-Nya, berdoa kepada-Nya mengenai hal ini. Dalam menjawab doa mereka, Dia akan merampungkan apa yang mereka doakan mengenai rencana-Nya. Sering kali ketika kita memerlukan pekerja-pekerja, kita berteriak minta bantuan. Tetapi mulai hari ini, ketika Anda memerlukan pekerja-pekerja, Anda wajib pertama-tama berdoa kepada Tuan yang punya tuaian dengan berkata, “Tuhan inilah tuaian-Mu. Engkaulah Tuan yang punya tuaian. Kami berseru kepada-Mu untuk minta pekerja-pekerja bagi tuaian-Mu itu. Tuhan, utuslah lebih banyak pekerja untuk menuai tuaian-Mu.” Ini sangat berbeda dengan memanggil orang untuk membantu Anda dalam pekerjaan Anda! Bila Anda berbuat demikian, berarti Anda tidak menghormati Kristus sebagai Tuan yang punya tuaian. Dengan demikian Anda sudah menjadi tuan pekerjaan itu dan Dia tidak Anda hargai sebagai Tuan yang punya tuaian.

Kedua belas murid berdoa kepada Tuhan yang empunya tuaian agar Tuhan mengirimkan pekerja-pekerja, dan Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus mereka pergi. Siapa yang berdoa akan menjadi yang diutus. Setelah sejangka waktu Tuhan mungkin berkata, “Bagaimana dengan kamu?” Inilah prinsipnya. Kedua belas murid berdoa, akhirnya kedua belas murid itu diutus pergi! (PH Matius, berita 29, W. Lee)

 

Ayat Hafalan: “Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?” (Luk. 24:26)

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Kej. 27—28

(92)