Eat n Drink 261 | Jangan Mendukakan Roh Kudus
29/09/2016 No Comments Reflection Administrator

Edisi 29 September 2016 – Pembacaan Ayat Alkitab: Ef. 4:17–5:21

4:17 Sebab itu, kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia

4:18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup yang berasal dari Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kekerasan hati mereka.

4:19 Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan dengan serakah mengerjakan segala macam perbuatan cemar.

4:20 Tetapi bukan dengan demikian kamu belajar mengenal Kristus.

4:21 Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, 

4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,

4:23 supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu,

4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: Janganlah matahari terbenam, sebelum padam kemarahanmu

4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

4:28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh anugerah.

4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

5:1 Sebab itu, sebagai anak-anak yang terkasih, teladanilah Allah

5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan kurban yang harum bagi Allah.

5:3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.

5:4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: Tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.

5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,

5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

5:12 Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi sudah memalukan.

5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi tampak, sebab semua yang tampak adalah terang.

5:14 Itulah sebabnya dikatakan, “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.”

5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

5:18 Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita

5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

 

Jangan Mendukakan Roh Kudus

Doa baca: “Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.” (Ef. 4:30)

 

Apa artinya mendukakan Roh Kudus? Di sini bukan dikatakan, “Jangan membuat marah Roh Kudus Allah.” Alkitab dengan jelas mengatakan “Janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah.” Anda tidak bisa membuat Roh Kudus Allah marah, tetapi Anda bisa membuat Roh Kudus Allah berduka. Apakah artinya mendukakan? Kata ini sama dengan kata “”sedih” dalam Matius 26:37. Saudara saudari, duka atau sedih yang bagaimanakah yang disebut di sini? Duka ini adalah duka karena Allah akan menanggungkan semua dosa di atas diri-Nya, sehingga la merasa sangat menderita, sedih, seperti mau mati rasanya. Kalau orang Kristen lemah, berbuat dosa, maka Roh Kudus di dalamnya sama seperti Tuhan, begitu berduka, begitu sedih seperti mau mati rasanya. Dia terus berduka di dalam Anda. Ketahuilah, ini bukan perkara yang kecil!

Sebenarnya apa yang menyebabkan Roh Kudus berduka? Dosa! Berdosa terhadap orang lain, najis, kotor, senang mengkritik orang, senang menceritakan rahasia orang, senang mencari kesalahan orang, tidak mau mengampuni orang, tidak setia dalam pekerjaan Allah, dalam rumah kita, dalam setiap pekerjaan, tidak bisa mengasihi orang, selalu mencari kesempatan untuk menguntungkan diri sendiri. Ketahuilah, semua dosa itu akan membuat Roh Kudus berduka di dalam diri Anda! Tidak saja dosa membuat Dia berduka, masih ada yang lain, yaitu: bila Anda tidak mau menuruti kehendak Allah, bila Anda memilih jalan untuk diri sendiri, bila Anda menempuh jalan yang salah. Ketahuilah, hal-hal itu juga membuat-Nya berduka! Hari ini, kewajiban kita di bumi adalah tidak mendukakan Roh Kudus. (12 Bakul, vol 8, W. Nee)

 

Ayat Hafalan: “Tidak tahukah kamu bahwa kamu sekalian adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Kor. 3:16) 

Jadwal Pembacaan Perjanjian Lama: Yes. 13—16

(Visited 1 times, 1 visits today)
About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *